Template by:
Free Blog Templates

Rabu, 31 Oktober 2012

  MAKNA SUMPAH PEMUDA

Post spoiler


          Sumpah pemuda ? kaya sudah tidak bermakna lg pada zaman sekarang hanya tinggal kenangan saja soalnya nasionalisme anak muda sudah mulai pudar. tp kemarin di sekolah saya ada peringatan hari sumpah pemuda dengan menggunakan batik pada hari itu sehingga memunculkan semangat cinta tanah air, dan juga sekolah mengadakan lomba blog bertemakan sumpah pemuda.
           Saat kini, kita merenungi kembali makna Sumpah Pemuda dengan jiwa dan semangat kebangsaan serta keinginan bersatu yang tinggi. Tapi, apakah ikatan kita sebagai sebuah bangsa sudah kuat dan kokoh. Ini perlu jadi renungan para tokoh bangsa. Ketika tanah air ini aman-aman saja, apakah semangat nasional jadi luntur, semangat kebangsaan ikut memudar?

ini bunyinya sumpah pemuda biar kalian pada ingat !

SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE,
TANAH AIR INDONESIA

Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE,
BANGSA INDONESIA

Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN,
BAHASA INDONESIA


Isi Sumpah pemuda yang tercantum di atas disepakati pada tanggal 28 oktober 1928, namun 84 tahun berlalu apakah isi sumpah pemuda masih melekat di jiwa kebanyakan pemuda pemudi Indonesia ? Saya jawab TIDAK !
Alasan saya menjawab tidak ialah :
1.      Sekarang pemuda pemuda Indonesia banyak melakukan Aksi-Aksi Anarkis yang keluar dari pedoman isi Sumpah Pemuda 84 Tahun lalu, aksi-aksi anarkis ini terjadi hampir dilapisan pemuda, diantaranya :  Tawuran antarpelajar SMP, Tawuran Antar pelajar  SMA, Tawuran antar Kalangan Mahasiswa.
2.      Pemuda Indonesia sekarang kebanyakan sudah luntur rasa nasionalisme terhadap bangsa sendiri.
3.      Pemuda Indonesia sekarang tidak bisa dikatakan berbudaya Indonesia tapi berbudaya layaknya imperialisme bangsa-bangsa bara

0 komentar:

Posting Komentar